Detail Potensi Desa

Pernah Dikunjungi Ken Arok, Begini Indahnya Pesona Wisata Pura Patirtan

Bagi sebagian orang, nama Pura Patirtan mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, jika kita intip lebih jauh, Pura Patirtan memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Menurut pemangku pura, Dahulunya lokasi Pura Patirtan menjadi tempat pertapaan dari Ken Arok sebelum mendirikan Kerajaan Singasari. Berlokasi di Dusun Jengglong Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, pura ini kerap kali dijadikan objek wisata religi oleh para pelancong bahkan dari luar jawa. Tidak sedikit mereka yang berkunjung ke Pura Patirtan menyempatkan waktunya untuk menikmati suasana sekitar dengan berswafoto hingga beribadah.

Akses menuju Pura Patirtan tergolong tidak begitu sulit. Sebelum mencapai Pura Patirtan, pengunjung akan disuguhkan keindahan alam Desa Sukodadi sejak memasuki gapura pintu masuk. Suasana perkebunan yang hijau ditambah sejuknya udara pegunungan akan semakin membuat pengunjung betah berada di Desa Sukodadi. Setibanya di lokasi, pengunjung terlebih dahulu harus melalui jalan setapak menurun di samping pemukiman warga untuk menuju Pura Patirtan. Pengunjung akan langsung disambut suasana pepohonan rindang yang tentunya membuat betah berlama-lama di Pura patirtan. Para pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan asri perkebunan jeruk milik masyarakat setempat.

Di samping kiri Pura Patirtan, Pengunjung juga dapat menikmati segarnya sumber mata air yang dipercaya sebagai tirta kesucian. Masyarakat setempat juga mempercayai bahwa air suci tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit hingga mengabulkan doa.

Potensi Desa Terkait