Detail Berita

KONDISI GEOGRAFIS DAN IKLIM SUKODADI, MALANG

 


Desa Sukodadi memiliki relief permukaan tanah dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Hal ini dikarenkan letaknya yang berada di daerah perbukitan sekitar kaki Gunung Kawi. Desa yang banyak ditumbuhi tanaman hasil perkebunan ini berbatasan langsung dengan Desa Dalisodo dan Desa Jedong di sebelah utara; Desa Petungsewu, Desa Pandanrejo, dan Desa Gondowangi di sebelah selatan; Desa Sidorahayu di sebelah timur; dan Perhutani Kecamatan Wagir di sebelah barat. Wilayah Desa Sukodadi terbagi menjadi pemukiman warga dengan luas ± 123,6 Ha, persawahan seluas ± 12 Ha, perkebunan dan ladang ± 449 Ha, pekarangan ± 140 Ha, perkantoran ± 0,4 Ha, infrastruktur umum ± 8 Ha, perkantoran ± 0,4 Ha, serta pemakaman seluas ± 1,1 Ha.

Letaknya yang berada di sekitar kaki gunung membuat tanah di Desa Sukodadi sangat subur, sehingga cocok ditanami berbagai jenis tumbuhan pangan seperti padi, jagung, bawang merah, tomat, kubis, sawi, buncis, ubi jalar, dan cabe; rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, lengkuas, kayu manis, cengkeh, kencur, dan mahkota dewa; buah-buahan seperti jeruk, pisang, rambutan, nangka, sawo, durian, pohon kelapa, kopi, tebu, hingga cokelat.

Secara umum, iklim Desa Sukodadi relatif sama dengan iklim di wilayah Malang lainnya. Terkenal dengan hawa sejuknya, Kabupaten Malang termasuk Desa Sukodadi memiliki iklim muson tropis, sehingga memiliki curah hujan yang lebih banyak dibandingkan dengan daerah yang memiliki iklim sabana tropis. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020, curah hujan rata-rata di Desa Sukodadi ialah 2.609,6 mm dengan jumlah hari hujan sebanyak 166 hari. Sementara itu, suhu di kawasan Desa Sukodadi berkisar antara 15ºC s.d. 30ºC tergantung musim yang sedang berlangsung.

Berita Terkait