Detail Berita

Peka Terhadap Perkembangan, Mahasiswa MBKM UM Merangkul UMKM Untuk Menigkatkan Performa Melalui Digital Marketing

(23/12/2021) Tim MBKM Membangun Desa dari UM (Universitas Negeri Malang) yang beranggotakan 11 mahasiswa kembali turun ke lapangan untuk menjalankan salah satu program kerjanya. Program kerja kali ini bisa dibilang cukup menarik dan sangat bermanfaat bagi UMKM. UMKM yang menjadi sorot utama kali ini ialah UMKM Sepatu Kulit dengan nama merek “Eccy Trendy” yang terdapat di Dusun Jamuran, Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.

Kegiatan yang dilakukan oleh beberapa anggota MBKM UM ini dimulai dengan melakukan kunjungan langsung ke lokasi UMKM berada. Sebelum memulai kegiatan, tim MBKM UM melakukan obrolan ringan dengan pemilik, terkait cara pemiliki memasarkan produknya hingga hal-hal penting agar produknya dapat dikenal. Berdasarkan pengakuan, pemiliki mengaku bahwa produknya masih hanya dijual melalui workshopnya “Reneo Freddy” dan juga sebagai identitas produk pemiliki juga belum memiliki logo yang pasti. “Untuk logo produk kami masih belum punya, jadi untuk identitas kami masih pakai tulisan dibagian alas sendal atau sepatu kami” ujar pemilik. Untuk mengatasi hal tersebut, tim MBKM UM berinisiatif untuk menawarkan bantuan pembuatan logo sebagai identitas merek sepatu kulit “Eccy Trendy”.

Setelah pembuatan logo selesai, kunjungan ke dua kalinya dilakukan. Disini tim MBKM UM melakukan penyerahan desain logo yang dibuat dan dilanjutkan dengan pembimbingan digital marketing. Tim MBKM UM menjelaskan betapa pentingnya digital marketing khususnya ditengah sepinya pelanggan saat pandemi Covid- 19 yang sedang melanda negeri. Dengan memberikan contoh beberapa aplikasi yang dapat digunakan, pemilik tertarik dengan salah satu aplikasi yang disampaikan. Dengan alasan tersebut, tentunya tim MBKM UM membantu pemiliki untuk mendaftarkan usahanya serta memberikan arahan.

Aplikasi yang digunakan kali ini ialah Shopee, untuk itu anggota dari MBKM Desa UM membantu dari proses pendaftaran toko, lalu proses menjual produk, serta membantu untuk memfotokan produk-produk dari sepatu kulit dengan menarik. Setelah proses dalam pemanfaatan digital marketing selesai, tim MBKM UM juga tentunya memberikan tips dan trik yang menarik mengenai packaging produk yang tentunya kekinian. Selain itu tim MBKM UM juga menyarankan agar UMKM memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk memperkenalkan produknya kepada orang banyak serta dapat dijadikan tempat untuk memasarkan produk yang mereka miliki.

Berita Terkait